Rekomendasi Pemberian Nutrisi Pada Bayi Prematur

Rekomendasi Pemberian Nutrisi Pada Bayi Prematur

Bayi prematur masih merupakan masalah yang penting dalam bidang perinatologi, karena berkaitan dengan kejadian mortalitas dan morbiditas masa neonatus. Bayi prematur adalah bayi yang dilahirkan dengan usia kehamilan di bawah 37 minggu1-3. Berdasarkan kurva pertumbuhan intrauterin dan Lubchenko, maka kebanyakan bayi prematur akan dilahirkan dengan berat badan yang rendah (BBLR). BBLR dibedakan atas berat lahir sangat rendah (BLSR), yaitu bila < 1500 gram, dan berat lahir amat sangat rendah (BLASR), yaitu bila < 1000 gram.

Dengan makin pesatnya perkembangan bidang perinatologi, makin banyak bayi kecil yang terselamatkan. Di negara berkembang, angka kematian bayi BLSR sangat menurun hingga mencapai 5%. Pemberian nutrisi pada bayi-bayi kecil tersebut merupakan suatu tantangan, karena nutrisi yang sebelumnya didapat langsung dari plasenta kini harus diberikan peroral

Prinsip pemberian Cairan dan nutrisi pada bayi prematur

  • Energi Kebutuhan nutrisi pada neonatus diketahui bervariasi menurut berat lahir dan usia kehamilan, cara pemberian, serta perubahan metabolik yang disebabkan oleh penyakit. Bayi prematur hanya mempunyai sedikit cadangan energi karena kurangnya cadangan glikogen pada hati dan lemak bawah kulit. Dengan demikian, jika dibandingkan dengan bayi yang matur maka kebutuhan energinya jauh lebih besar, terutama karena pertumbuhannya yang pesat dan imaturitas fisiologiknya. Komite nutrisi dari American Academy of Pediatrics merekomendasikan bahwa diet optimal untuk bayi prematur yang dapat menyokong pertumbuhan sebanding dengan pertumbuhan intrauterin trimester tiga, tanpa memberikan tekanan pada fungsi metabolik dan ekstretorinya yang imatur. Kebutuhan energi BBLSR dibagi menjadi dua komponen penting, yaitu kebutuhan untuk pemeliharaan fungsi tubuh dan kebutuhan untuk tumbuh. Kebutuhan untuk pemeliharaan fungsi tubuh antara lain meliputi metabolisme basal, aktivitas otot, regulasi suhu tubuh SDA (Spesific Dynamic Action), dan ekskresi. Kebutuhan energi untuk tumbuh berhubungan dengan kandungan energi dari jaringan dan tergantung pada komposisi jaringan baru yang disintesa. Bayi yang mendapat NPT tumbuh pada masukan energi yang lebih rendah, karena kehilangan energi fekal dan SDA lebih sedikit, sehingga mengurangi pelepasan energi4. Pemberian energi parenteral 50 kkal/hari telah cukup untuk memenuhi kebutuhan pemeliharaan. Untuk sintesa jaringan, diperlukan 10–35 kkal/kgbb/hari, sedangkan untuk cadangan nutrien jaringan 20–30 kkal/kgbb/hari tergantung dari komposisi jaringan baru tersebut. Pemberian kalori sebanyak 80 kkal/kgbb/hari dengan jumlah nitrogen yang cukup, kecepatan pertumbuhan dan retensi nitrogen yang dicapai sama dengan pertumbuhan intra uterin. Jadi, kebutuhan kalori untuk BBLSR bervariasi antara 90–165 kkal/kgbb/hari5,7 dan akan meningkat pada keadaan peningkatan aktivitas.
  • Jumlah cairan: Volume cairan ekstraseluler pada bayi prematur lebih tinggi dibandingkan dengan bayi cukup bulan5,7,10. Bayi prematur pada minggu pertama sesudah lahir akan kehilangan carian ekstraseluler dengan cepat yang menyebabkan penurunan berat badannya. Kebutuhan cairan pada bayi prematur dapat meningkat atau menurun, tergantung pada lingkungannya. Kebutuhan meningkat pada keadaan seperti: memerlukan perawatan dengan radiant warmer, inkubator, fototerapi, mengalami distres pernapasan, keadaan hipermetabolik, diare, atau mendapat pengobatan furosemid. Kebutuhan menurun pada keadaan bayi dirawat dengan doble walled incubator, di ruangan dengan kelembaban tinggi, atau mengalami oliguria. Tubuh kehilangan cairan melalui jalur renal dan ekstrarenal. Jalur ekstrarenal terdiri atas kehilangan air yang tidak terasa (kehilangan air insensibel) melalui kulit (transpidermal) dan melalui paru. Kehilangan ini meningkat karena aktivitas, stres respirasi, kelembaban udara rendah, atau temperatur tinggi. Penelitian pada BBLSR 26–29 minggu kehilangan berat rata-rata pada minggu pertama berkisar 12–15% dari berat lahirnya. Hal ini karena kehilangan cairan transepidermal, sekunder terhadap stratum korneum yang belum terbentuk sempurna. Masa gestasi maupun masa pascanatal mempunyai efek pada cairan transepidermal. Cara efektif mengurangi kehilangan cairan insensibel dengan membungkus bayi, ruangan dengan kelembaban tinggi, memakai incubator dobel walled. Apabila bayi dirawat dalam inkubator dengan kelembaban maksimal maka kebutuhan cairannya sama dengan bayi cukup bulan, yaitu 60–80 ml/kgbb/hari, yang bertambah secara bertahap sampai 100–120 ml/kgbb/hari sesudah minggu pertama. Cairan parenteral awal dapat diberikan Dekstrose 5% atau Dekstrose 10%.
Tabel 1: Rekomendasi Kebutuhan Cairan Parenteral Awal untuk Bayi BBLR
Tipe tempat tidur Berat badan
600-800 801-1000 1001-1500 1501-2000
Radiant warmer 120 90 75 65
Incubator 90 75 65 55
Lain-lain 70 55 50 45
referensi

Cara Pemberian Nutrisi Pada Bayi Prematur

  • Saat Di Rumah Sakit Metode bayi Anda makan di rumah sakit akan bergantung usia kehamilan dan kondisi medisnya. Jika bayi Anda lahir sangat awal, ia mungkin mulai memiliki nutrisi melalui infus ke dalam pembuluh darahnya.
  • Nutrisi Panenteral Perkembangan nutrisi setelah lahir sangat tergantung pada keadaan maturitas dan berat badan lahir. Pada bayi prematur dengan berat badan lahir sangat rendah, pemberian nutrisi parenteral harus diberikan sebelum pemberian makanan secara enteral dapat diberikan dengan baik. Pemberian nutrisi parenteral baik secara total (NPT) ataupun parsial (NPP), telah merupakan sarana penunjang utama dalam perawatan. ChuSekitar 80% unit perawatan intensif memberikan NP pada minggu pertama perawatan BBLSR.
  • Bayi yang lebih tua dan lebih kuat saat minum. Jika bayi Anda tidak siap untuk memberi ASI dia mungkin mendapatkanASI melalui pipa ke dalam perutnya melalui hidung atau mulut.
  • Para perawat di NICU memungkinkan Anda untuk memberikan susu pada bayi melalui selang cairan makanan. Mereka akan menunjukkan kepada Anda bagaimana untuk melakukannya. Membantu untuk memberi makan bayi Anda adalah cara bagi Anda untuk terlibat sebagai orangtua, dan untuk membangun ikatan dengan bayi Anda.
  • Anda juga dapat membantu bayi Anda bersiap-siap untuk menyusui dengan menahannya kangaroo-care gaya. Ini berarti memberikan bayi Anda dekat, hangat, kulit-ke-kulit. Ini hanya sebagai berharga bagi para ayah untuk memberikan perawatan kepada bayi kanguru mereka seperti itu untuk ibu.
  • Sebagai bayi Anda semakin kuat dan koordinasi nya untuk mengisap dan menelan membaik, dia bisa belajar untuk mengambil susu dari payudara Anda, cangkir kecil atau botol.
  • Jika bayi Anda sedang makan melalui infus ke dalam pembuluh darah, ia akan menerima larutan gula, garam dan air. Dia juga mungkin menerima vitamin, lemak atau asam amino. Asam amino merupakan komponen dasar protein.
  • Setelah bayi Anda siap untuk mengambil ASI. karna ASI adalah yang terbaik baginya. Bayi Anda dapat menerima ASI melalui tabung jika dia tidak siap untuk memberi minum pada payudara Anda atau melalui botol.
  • Anda dapat mulai memerah ASI Anda segera setelah Anda siap setelah melahirkan. Rumah sakit dapat membekukan untuk bayi Anda untuk memiliki ketika ia siap. Mengekspresikan segera setelah lahir mendapat suplai susu Anda didirikan, juga.
  • Beberapa rumah sakit memiliki bank ASI, dengan susu disumbangkan oleh ibu lainnya. Sangat mungkin bahwa dokter akan merekomendasikan bahwa fortifiers ditambahkan ke ASI Anda untuk memberikan bayi Anda awal yang baik.
  • Bayi prematur juga dapat memiliki jenis khusus dari susu formula saat mereka berada di rumah sakit. Para perawat atau ahli diet pada unit neonatal Anda akan dapat menyarankan Anda tentang pilihan yang cocok untuk bayi Anda.
  • Bayi Anda mungkin memiliki jenis lain dari susu formula pada resep untuk beberapa bulan pertama setelah pulang. Ini susu formula yang disebut post-discharge susu, dan lebih kaya nutrisi susu formula yang biasa. Bayi Anda dapat terus memiliki pasca-discharge susu sampai dia siap untuk memulai susu formula biasa.
  • nutrisi ekstra ASI Anda adalah makanan terbaik untuk bayi Anda. Tapi kadang bayi prematur perlu nutrisi ekstra
  • Fortifiers Dokter akan menyarankan fortifiers untuk sementara waktu. Ini ditambahkan ke ASI dan mengandung protein ekstra, mineral dan vitamin. Fortifiers dimaksudkan untuk membantu bayi Anda tumbuh dan mengembangkan tulang yang kuat. Bayi Anda hanya perlu fortifiers untuk sementara waktu.
  • Probiotik Probiotik mungkin melindungi bayi prematur dari infeksi usus yang berbahaya. Probiotik adalah suplemen yang mengandung bakteri bermanfaat atau ragi. Dalam beberapa penelitian, probiotik mengurangi risiko enterocolitis necrotising, infeksi yang dapat mempengaruhi usus bayi prematur. Jika Anda ingin tahu apakah bayi Anda harus menerima probiotik, membicarakannya dengan dokter, perawat atau ahli diet nya untuk melihat apa yang terbaik. Bayi Anda akan perlu diresepkan jenis tertentu dari probiotik, jadi jangan membeli mereka sendiri.
  • Vitamin dan suplemen mineral Tambahan vitamin dan mineral yang dianjurkan untuk beberapa bayi. Jika ASI adalah susu hanya bayi Anda, ia akan membutuhkan suplemen vitamin D sampai Anda berhenti menyusui. Dokter Anda mungkin akan meresepkan multivitamin yang mencakup vitamin D. Jika Anda menyusui bayi Anda, ia juga harus memiliki suplemen zat besi. Bayi prematur cenderung memiliki toko besi yang rendah, dan perawat, dan dokter mungkin perlu untuk mengambil sampel darah sering untuk tes. Bayi Anda akan membutuhkan suplemen zat besi sampai sekitar satu tahun setelah kelahirannya. Pada saat itu, bayi Anda harus memiliki tiga kali makan padat sehari. Para dokter, perawat atau ahli diet mungkin menyarankan suplemen lainnya untuk bayi Anda.

Gangguan Pencernaan atau GER Pada bayi Prematur

  • Bila bayi mengalami kesulitan menjaga feed mereka turun ini dikenal sebagai gastro-oesphogeal refluks. Reflux terjadi ketika bayi memiliki sistem pencernaan yang belum matang.
  • Di bagian atas perut bayi Anda, ada cincin otot yang terbuka ketika makanan dia menelan turun pipa makanan. Cincin otot, atau katup, menutup untuk menyimpan makanan di perutnya selama proses pencernaan. Pada beberapa bayi, katup ini lemah dan beberapa kebocoran makanan tercerna kembali, menyebabkan ketidaknyamanan seperti mulas.
  • Ini tidak jelas apakah refluks lebih sering terjadi pada bayi prematur dibandingkan penuh panjang bayi, tapi bisa mengkhawatirkan, setiap kali bayi Anda lahir. Refluks dapat membuat muntah bayi Anda, mungkin sering dan cukup dramatis.
  • Jika bayi Anda memiliki refluks, ia juga mungkin enggan untuk memberi makan atau tampak benar-benar tidak nyaman ketika dia melakukannya. Kadang-kadang, refluks menyebabkan batuk juga.
  • Anda dapat mencoba menjaga bayi Anda lebih tegak untuk sementara setelah minum, daripada meletakkan dia di bawah tempat tidurnya langsung. Anda bisa memberinya feed lebih kecil dan lebih sering, bukan sedikit, yang lebih besar. Bersendawa dia setiap sekali-sekali selama pakan masing-masing mungkin bisa membantu.
  • Kadang-kadang pengental dapat ditambahkan ke makanan bayi Anda, atau dokter Anda mungkin meresepkan obat untuk mengurangi refluks bayi Anda.
  • Jika refluks bayi Anda parah, dapat menyebabkan makan atau makan kesulitan, berat badan yang buruk atau infeksi dada. Untungnya, sebagian besar bayi mengatasi refluks pada tahun pertama kehidupan dan dapat meningkatkan secara signifikan ketika mereka mulai makan makanan padat.
  • Pemberian ASI adalah nutrisi terbaik untuk sebagian besar penuh panjang bayi sampai mereka berusia enam bulan. Untuk bayi prematur, waktu yang tepat biasanya antara lima sampai delapan bulan setelah lahir.
  • Jika bayi Anda lahir prematur, meminta nasihat individual pada waktu yang terbaik baginya. Tanyakan pengunjung kesehatan Anda atau berbicara dengan ahli gizi bayi Anda. Anda dapat mengatur tindak lanjut janji dengan dokter anak Anda jika Anda khawatir. Jika bayi Anda tidak memakai sebanyak berat sebagaimana yang diharapkan, seorang ahli diet juga akan dapat menyarankan Anda tentang menyusui bayi Anda.
  • Anda juga mungkin perlu bantuan ekstra dengan menyapih jika bayi Anda memiliki cacat atau masalah kesehatan terus, seperti kondisi paru-paru.
  • Jika bayi Anda dengan baik dan berkembang, ia dapat disapih seperti bayi lainnya dalam hal bagaimana Anda memberinya makan dan apa yang dia makan. Berikan bayi Anda rumahan makanan sebanyak mungkin. Tidak apa-apa untuk memperkenalkan dia untuk rasa dan tekstur baru segera setelah ia siap.

Referensi

  • Slater Myer LP, SaslowJG, Sthal GE. Developtment of the gastrointertinal tract. Dalam: Spitzer AR, penyunting. Intensive care of the fetus and neonate. St. Louis: Mosby, 1986; 843-55. ‘
  • Pereira GR. Balmer D. Feeding the critically ill neonate. Dalam: Splitzer AR, penyunting. Intensive care of the fetus and neonate.St. Louis: Mosby, 1986:823-33.
  • Academy of American Pediatrics Committee on Nutrition. Nutritional need of low birth weight infants. Pediatrics. 1985; 75: 976-86. Dikutip: Balint JP, Kliegment RM, nutritional support of the neonate 1: Alternate full and routes administration, Dalam: Cowett RM, penyunting. Principles of perinatal neonatal metabolisme, Edisi ke-2 . New York: Springer, 1998; 1153-79.
  • Yu VHY, Monintja HE. Nutrisi parenteral. Dalam: Beberapa masalah perawatan
    intensif neonatus
    . Jakarta; FKUI, 1996; 245-69.

Supported by

NICU-PREMATURE FOLLOWUP CLINIC Kenali dan identifikasi permasalahan kesehatan bayi prematur anda hari ini, saat usia anak dan di kemudian hari. Cegah dampaknya sejak usia dini GRoW UP CLINIC JAKARTA Yudhasmara Foundation GRoW UP CLINIC I Jl Taman Bendungan Asahan 5 Bendungan Hilir Jakarta Pusat 10210, phone (021) 5703646 – 44466102 GRoW UP CLINIC II MENTENG SQUARE Jl Matraman 30 Jakarta Pusat 10430, Phone (021) 44466103 – 29614252 email : judarwanto@gmail.com http://growupclinic.com http://www.facebook.com/GrowUpClinic Creating-hashtag-on-twitter@growupclinic
“GRoW UP CLINIC” Jakarta Focus and Interest on: *** Allergy Clinic Online *** Picky Eaters and Growup Clinic For Children, Teen and Adult (Klinik Khusus Gangguan Sulit Makan dan Gangguan Kenaikkan Berat Badan)*** Children Foot Clinic *** Physical Medicine and Rehabilitation Clinic *** Oral Motor Disorders and Speech Clinic *** Children Sleep Clinic *** Pain Management Clinic Jakarta *** Autism Clinic *** Children Behaviour Clinic *** Motoric & Sensory Processing Disorders Clinic *** NICU – Premature Follow up Clinic *** Lactation and Breastfeeding Clinic *** Swimming Spa Baby & Medicine Massage Therapy For Baby, Children and Teen ***
Professional Healthcare Provider “GRoW UP CLINIC” Dr Narulita Dewi SpKFR, Physical Medicine & Rehabilitation curriculum vitae HP 085777227790 PIN BB 235CF967 Clinical – Editor in Chief : Dr Widodo Judarwanto, Pediatrician email : judarwanto@gmail.com Mobile Phone O8567805533 PIN BBM 76211048 Komunikasi dan Konsultasi online : twitter @widojudarwanto facebook dr Widodo Judarwanto, pediatrician Komunikasi dan Konsultasi Online Alergi Anak : Allergy Clinic Online Komunikasi dan Konsultasi Online Sulit makan dan Gangguan Berat Badan : Picky Eaters Clinic Komunikasi Profesional Pediatric: Indonesia Pediatrician Online
We are guilty of many errors and many faults. But our worst crime is abandoning the children, neglecting the fountain of life.
Information on this web site is provided for informational purposes only and is not a substitute for professional medical advice. You should not use the information on this web site for diagnosing or treating a medical or health condition. You should carefully read all product packaging. If you have or suspect you have a medical problem, promptly contact your professional healthcare provider

Copyright © 2014, GRoW UP CLINIC Information Education Network. All rights reserved
About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s